Kamis, 01 Oktober 2015

Tips Merangkai Karangan Bunga Segar

Karangan bunga sangatlah indah bila digunakan untuk menghias sebuah ruangan di dalam rumah atau tempat kerja Anda. Setiap jenis bunga yang berbeda akan memberikan nuansa yang berbeda yang terpancar dari rangkaian karangan bunga yang Anda miliki. Dalam seni merangkai karangan bunga, kreativitaslah yang menjadi modal utamanya.

Karena dalam seni, tidak ada aturan yang baku yang mengatur akan seperti apa hasil dari sebuah karya seni itu. Yang penting mendapat hasil yang indah dan memiliki nilai seni yang tinggi saja sudah lebih dari cukup. Andapun juga dapat mencoba untuk merangkai karangan bunga Anda sendiri dengan memperhatikan beberapa tips berikut.

1. Air 
Setelah membelinya di toko bunga, segeralah letakkan bunga di air.  Isilah ember dengan air dingin supaya bunga tetap awet dan juga segar sampai Anda siap untuk merangkainya menjadi karangan bunga.

2. Potong Batang
Setelah siap untuk mulai merangkai bunga, potonglah bagian bawah batang bunga yang telah terendam tadi kira kira 1-2 cm dengan menggunakan pisau atau gunting. Dengan memotong batang tersebut akan membuat batang lebih baik dan mudah dalam menyerap air.

3. Suhu Air
Suhu pada air yang kita gunakan untuk merendam bunga juga berpengaruh. Air hangat misalnya. Air yang hangat akan membantu kepala bunga yang menutup untuk membuka sepenuhnya seperti pada bunga mawar atau bunga ranunculus. Tinggal rendam saja bunga selama 1-2 hari sebelum dirangkai untuk membuktikannya. Sedangkan air dingin berfungsi untuk membantu bunga tetap awet kesegarannya.

4. Menggunakan Busa
Busa berguna untuk membuat bunga agar tidak terdehidrasi secara terus menerus dan dapat bertahan lama. Caranya cukup dengan merendam bunga selama 15 menit sebelum dipotong sesuai dengan yang kita inginkan. Siramilah dengan busa setiap 2 hari sekali saja.

5. Memilah Bunga
Dalam merangkai karangan bunga, kita harus memilah bunga dengan ukuran yang berbeda. Pilih bunga yang berukuran lebih besar dan berat untuk ditempatkan pada semua sisi baru setelah itu tambahkan dengan bunga yang berukuran lebih kecil dan kalau bisa pilih bunga yang setengah mekar supaya menyisakan ruang yang cukup antar batang.

6. Antara Bunga dan Vas
Jika Anda akan merangkai bunga pada vas, pastikanlah bunga yang akan Anda rangkai lebih tinggi setidaknya satu setengah lebih tinggi dari vas yang akan ditempatinya. Hal tersebut dikarenakan supaya bunga tidak terlalu pendek apalagi jika harus melalui proses pemangkasan yang berkali kali. Seimbangkan pula lebar rangkaian bunga dengan vasnya.

7. Warna Bunga
Saat merangkai karangan bunga nanti, campurlah bunga dengan warna yang serupa namun memiliki tekstur yang berbeda supaya rangkaian monokromatik tersebut terlihat lebih menarik. Selain bunga yang berwarna serupa, Anda juga dapat mencoba mencampur bunga yang warnanya berbeda namun tidak terlalu mencolok.

8. Penempatan
Dalam menyusun rangkaian bunga, Anda dapat menggunakan batang atau dedaunan untuk ditambahka pada vas. Hal tersebut akan membuat efek penuh pada rangkaian sehingga lebih menarik. Setelah rangkaian karangan bunga jadi, hindarkanlah dan jauhkanlah dari paparan sinar matahari langsung. Karena hal tersebut dapat membuat bunga menjadi mudah layu dan tidak segar lagi.

Cobalah untuk mempraktekkan tips tips di atas agar karangan bunga yang Anda buat lebih indah, cantik, tidak mudah layu, dan tetap segar. Semoga rangkaian bunga yang Anda buat dapat memancarkan nuansa yang positif agar Anda dapat menikmatinya dengan hati yang senang dan bahagia, sehingga tidak tertekan dengan rutinitas Anda sehari – harinya.

0 komentar:

Posting Komentar