Rabu, 02 September 2015

Bambu Rezeki Bikin Hoki


Bambu rezeki yang mempunyai nama latin Dracaena Sanderiana atau yang sering disebut dengan Ribbon Plant ini memiliki cukup banyak macam dan jenisnya. Contohnya Dracaena Tricolor dan Dracaena Reflexa. Biasanya tanaman ini dijadikan hadiah untuk seseorang agar orang yang menerimanya mendapat keberuntungan atau hoki. Tanaman ini berasal dari negara yang dikenal dengan sebutan Tirai Bambu yaitu Cina.
                Bambu rezeki telah dipercaya oleh sebagian masyarakat dapat mendatangkan rezeki kepada pemiliknya. Bahkan tanaman bambu ini telah rekomendasikan sendiri oleh salah seorang master feng shui dan praktisi pada bidang modifikasi ruangan yang dapat membuat sebuah ruangan lebih terasa nyaman dan berenergi. Bambu ini sering kali terlihat diletakkan di sudut sudut ruangan oleh pemiliknya. Hal tersebut dimaksudkan supaya bambu dapat mengaktifkan energi yang berhenti atau stagnan di sudut ruangan. Mengapa demikian? Karena bambu rezeki ini dipercaya memiliki energi tersendiri yang berfungsi sebagai penyaring udara yang baik dan mendatangkan chi atau energi yang positif.

                Pada perayaan hari besar Cina yaitu Imlek, akan banyak rangkaian bambu rezeki ini yang laris terjual. Apalagi tanaman ini juga terkenal cukup tahan banting sehingga patut untuk dipertimbangkan untuk dijadikan sebagai sebuah koleksi. Tangkainya dapat bertahan hidup dalam vas berisi air atupun tanah dengan segala kondisi pencahayaan. Namun jangan dibiarkan anak dan peliharaan Anda sampai menjamahnya. Karena bambu rezeki ini juga mengandung racun walaupun kadarnya ringan. Dalam merawatnya tidak lah terlalu sulit, Anda cukup memperhatikan beberapa faktor dibawah ini:

PENCAHAYAAN
Bambu ini hidup dalam kondisi dengan cahaya yang terang namun bukan berarti terkena cahaya matahari secara langsung. Maksudnya ialah taruhlah tanaman bambu rezeki di dalam ruangan yang cukup terang dan dekat dengan kaca jendela yang terkena sinar matahari. Jadi tanaman dapat tertimpa cahaya tetapi tidak secara langsung melainkan melalui media berupa kaca jendela tadi. Karena jika terkena cahaya matahari langsung, bambu akan mudah mengering. Tanaman ini akan lebih toleran dengan kondisi yang cahayanya sedikit dibandingkan terlalu banyak sinar matahari.

TEMPERATUR
Sebaiknya bambu rezeki ditaruh pada ruangan yang bertemperatur hangat antara 18,3 oC sampai 32,2 oC. Jangan pada tempat yang terlalu dingin atau panas seperti di depan kulkas, AC, atau pemanas ruangan.

PENGAIRAN
Meskipun dapat tumbuh pada sebuah vas atau tempat lainnya dengan air sedikit yang memiliki tinggi satu inchi saja, tanaman ini ternyata cukup sensitif terhadap klorin dan zat kimia lainnya yang terkandung dalam air keran. Jadi gunakanlah air murni atau air keran yang telah diendapkan kurang lebih selama sehari semalam untuk mengisinya pada vas atau wadah tadi. Bambu rezeki yang sehat memiliki akar yang berwarna kemerahan. Gantilah air dalam vas secara rutin yaitu seminggu sekali.

MEDIA TANAM & PENYUBUR
Media tanam juga dapat mempengaruhi kesehatan dari si bambu rezeki ini. Selain dapat tumbuh pada air yang tenang, tanaman ini juga dapat tumbuh pada air yang mengalir atau media tanam dalam pot. Periksalah dan jagalah selalu kelembaban tanah dalam pot dan jangan sampai becek. Sedangkan untuk penyuburnya cukup dengan menambahkan pupuk secukupnya setiap dua bulan sekali atau mungkin lebih jika menggunakan pupuk cair.

Cukup mudah bukan? Jika Anda tertarik untuk memelihara bambu rezeki yang dapat mendatangkan hoki ini, Anda dapat membeli tanaman beserta atributnya pada toko toko bunga yang ada di sekitar daerah tempat tinggal Anda. Apalagi untuk Anda yang tinggal di kota kota besar, seperti kota Bali, ada banyak toko bunga di bali yang menyediakan tanaman bamboo untuk hiasan rumah atau kantor. Anda hanya perlu menemukan tamanan bambu yang cantik dan indah seperti yang anda inginkan. Semoga informasi tadi cukup membantu Anda para pecinta tanaman hias bonsai terutama pecinta tanaman bambu rezeki atau bambu hoki ini.

1 komentar:

  1. judi online terbaik indonesia
    Raih Kemenangan Anda Bersama Kami...
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus