Kamis, 29 Oktober 2015

Teknik Merangkai bunga dengan Mudah untuk Pemula

Bunga selalu memancarkan keindahan dan kedamaian dari segala sisi yang dimilikinya, apalagi bila bunga tersebut dirangkai menjadi rangkaian bunga cantik tentu kan semakin memberi nuansa yang berbeda. Membuat suatu rangkaian bunga memang tidak mempunyai aturan yang baku dan ketat dalam mendapatkan hasil yang indah. Merangkai bunga untuk pemula tidaklah sulit, hanya diperlukan pemahaman dan pertimbangan hal-hal yang  berkaitan dengan seni, keindahan, keseimbangan, dan lain-lain.

Bagi pemula, mungkin merangkai bunga hanya dijadikan hobi semata, namun jangan salah, merangkai bunga ternyata juga dapat dijadikan ladang bisnis yang menjanjikan. Bisnis tersebut dapat berupa bisnis toko bunga online maupun toko bunga lokal yang hadir secara langsung di pinggir jalan. Bisnis toko bunga yang menyediakan jasa merangkai bunga ini sangat diminati bagi berbagai kalangan.

Karangan bunga yang diharapkan dapat berupa rangkaian bunga buket, bunga papan,  rangkaian bunga untuk hiasan di atas meja, hingga menghias dekorasi ruangan untuk sebuah acara. Untuk itu, diperlukan pengetahuan tentang teknik merangkai bunga bagi pemula yang ingin mulai belajar bagaimana cara merangkai bunga yang mudah. Mari kita simak tips berikut ini:

1. Teknik Basing
Teknik ini merupakann teknik dasar untuk membuat rangkaian bunga. Bagian-bagian bunga yang akan dirangkai perlu memperhatikan berbagai aspek, seperti tekstur, warna, bentuk, dimensi, dan keseimbangan visual. Bunga tersebut kemudian ditata dan dirangkai hingga membentuk keindahan karangan bunga yang cantik dengan penekanan lebih kepada bagian bawah dari rangkaian bunga.

2. Teknik Layering
Cara menyusun rangkaian bunga dengan teknik ini yaitu dengan cara menyusunnya dari ukuran terkecil hingga terbesar disertai gradasi warna yang cantik sehingga rangkaian yang dihasilkan akan tampak cantik. Teknik layering ini merupakan pengembangan dari teknik basing, namun dengan sentuhan dan tampilan rangkaian bunga yang berbeda.

3. Teknik Terracing
Teknik terracing merupakan teknik menyusun bunga secara bertingkat. Bunga yang berukuran lebih besar disusun pada bagian bawah rangkaian, sedangkan bunga-bunga yang berukuran lebih kecil disusun pada bagian atas rangkaian. Teknik ini dapat memberikan kesan indah dan unik karena bunga disusun menyerupai bentuk bertumpuk-tumpuk secara bertingkat dengan ragam bunga yang berbeda.

4. Teknik Pave
Teknik Pave merupakan teknik merangkai bunga dengan cara melingkar dan mengisi bagian tengahnya dengan bunga – bunga sejenis yang berukuran tidak terlalu besar. Biasanya bunga yang disusun adalah bunga sejenis dengan warna yang sama. Namun, apabila menggunakan warna yang lebih beragam, Anda dapat memisahkan atau mengelompokkan bunga tersebut sesuai warnanya sehingga perpaduan warnanya tetap dapat terlihat cantik.

5. Teknik Clustering
Teknik ini banyak digunakan dalam merangkai bunga tangan atau hand bouquet yang dipegang oleh mempelai pengantin wanita. Tujuan dari teknik ini adalah merapatkan rangkaian bunga sehingga terlihat padat. Keindahan warna dari bunga tersebut akan terlihat lebih menonjol karena penataannya yang rapat dan sederhana.

Itulah beberapa teknik merangkai bunga dengan mudah yang bisa Anda praktekkan. Bagi pemula yang ingin mencoba menerapkan teknik tersebut, Anda bisa gunakan berbagai jenis bunga sesuai keinginan Anda. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar